Jumat, 20 Juni 2014

50 Mata Katarak dan 3 Mata Pterigium Dioperasi Gratis

Keberadaan Komda PGPK Kabupaten Padang Pariaman bukan hanya isapan jempol, tahun 2014 ini Komda PGPK Kabupaten Padang Pariaman telah memperlihatkan kiprahnya dalam hal Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan (PGPK). Ini terbuktikan dengan dilaksanakannya operasi katarak 50 mata dan 3 mata pterigium di Puskesmas Pauh Kambar tanggal 14 Juni 2014 yang lalu.
Dalam melaksanakan operasi katarak Komda PGPK memang tidak berdiri sendiri melainkan dengan cara berkoordinasi dengan sektor-sektor lain yang peduli dengan kesehatan mata masyarakat seperti Gabungan Organisasi Wanita (G.O.W) Kabupaten Padang Pariaman. Dalam melaksanakan kegiatannya Komda PGPK yang dinakhodai oleh mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman (dr. H. Zunirman) yang didukung oleh mantan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman (dr. Herlina Nasution) dan Ketua IDI Padang Pariaman yang sekarang menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman (dr. H. Aspinuddin) beserta beberapa pengurus lainya berusaha mencari donasi dari pihak ketiga agar program-program Komda PGPK dapat berjalan demi memberikan layanan kesehatan mata kepada masyarakat di Kabupaten Padang Pariaman. 
Operasi katarak tanggal 14 Juni 2014 yang lalu terselenggara atas kesanggupan Komda PGPK membawah program Bhakti Sosial Balai Kesehatan Indera Masyarakat (BKIM) Sumatera Barat ke kabupaten Padang Pariaman yang diudukung oleh Gabungan Organisasi Wanita (G.O.W) Kabupaten Padang Pariaman dalam hal pendanaan mulai dari ATK, sampai ke komsumsi pasien selama kegiatan operasi katarak berlangsung.
Disamping dukungan dana dari G.O.W juga dukungan dalam bentuk lain diberikan oleh Bapak Wakil Bupati Padang Pariaman Drs. Damsuar, MM yaitu berupa pemberian satu buah Alqur'an ke masing-masing peserta yang matanya dioperasi. Dalam operasi kemarin dari target BKIM 50 mata terealisasi 53 mata yaitu 50 mata katarak dan 3 mata pterigium.
Dokumentasi 1 hari sebelum operasi :
Pengukuran Visus (Skrining Penderita Katarak)
Pencukuran Bulu Mata
Pengukuran Tekanan Bola Mata

Dokumentasi Hari Operasi
Laporan Ketum Komda PGPK (dr. H. Zunirman)
Sambutan BKIM (dr. Hj. Asmaliza, M.Kes)
Sambutan Ketua GOW (Ibu Des Damsuar)
Sambutan Wabup Bapak Damsuar
Peserta Operas & Keluarga
Peserta Operasi & Keluarga
Foto Bersama Pengurus Komda PGPK


Pasien di Ruangan Tunggu
Peninjauan Pasien
Pak Wabup Beserta Ketua GOW melihat Jalannya Operasi

Dokumentasi 1 haris setelah Operasi
Pengukuran Visus Post Operasi
Penggantian Perban




Penyerahan Alqur"an oleh Ibu Des Damsuar


Tidak ada komentar :

Posting Komentar