Selasa, 09 April 2013

Monitoring BOK di Puskesmas Anduring

Foto Bersama Petugas Puskesmas - Kabid Yankes
Puskesmas Anduring adalah salah satu Puskesmas dari dua Puskesmas yang berada di kecamatan 2 x 11 Kayu Tanam. Puskesmas Anduring yang memiliki jumlah penduduk 7.878 jiwa dengan berbagai latar belakang tingkat pendidikan dan status sosial berusaha untuk selalu memberikan pelayanan kesehatan yang terbaik kepada masyarakat di wilayah kerjanya.

Pada tahun 2013 Puskesmas Anduring mendapatkan alokasi dana BOK sebesar Rp. 64.090.000,-. Sampai bulan Maret 2013 Puskesmas ini telah merealisasikan dananya sebesar Rp. 13.765.000,- atau 21.48% dari pagu dananya.

Dinas kesehatan selaku satker yang bertanggungjawab terhadap distribusi dana tersebut berkewajiban terhadap pengawasan dan pembinaan terhadap penggunaan dana BOK ini. Pada tanggal 9 April 2013 pengelola BOK Kabupaten Padang Pariaman telah datang ke Puskesmas Anduring untuk melakukan pembinaan dan pengawasan penggunaan dana BOK di Puskesmas Anduring tersebut. Dalam pembinaan dan pengawasan tersebut Puskesmas menghadirkan seluruh petugas Puskesmas dan bidan-bidan desa yang berada di wilayah kerja Puskesmas Anduring sehingga pembinaan dan pengawasan bukan hanya dilakukan terhadap pengelola BOK Puskesmas tetapi dapat juga diketahui seberapa jauh pemahaman petugas tentang keberadaan dan pemanfaatan dana BOK terhadap pencapaian program kesehatan di Puskesmas dan jaringganya.

Adriwasti Masro, SKM
Adriwasti Masro, SKM selaku Pimpinan Puskesmas Anduring menyambut baik cara pembinaan seperti ini, karena dengan adanya pembinaan yang mengumpulkan seluruh petugas kesehatan baik yang berada di Puskesmas, Polindes dan lain-lain dapat dijadikan ajang untuk silaturrahmi sekaligus evaluasi, sharing pengalaman dan transfer ilmu antara petugas dalam rangka peningkatan pelayanan kesehatan di wilayah kerja Puskesmas Anduring. 

Juga dalam sambutannya Pimpinan Puskesmas yang penuh semangat dan kreatif ini berharap agar kuantitas kunjungan dari Dinas Kesehatan ke Puskesmasnya agar ditambah. Karena dengan adanya kunjungan dari Dinas Kesehatan, pimpinan Puskesmas ini mengaku banyak mendapat masukkan untuk kemajuan pelayanan oleh Puskesmas dan pencapaian program Puskesmas, "Senang lho rasanya kalau sering-sering dikunjungi seperti ini"  ungkap Pimpinan Puskesmas Anduring ini.

Berdasarkan pantauan tim Pembinaan dan Pengawasan BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman didapatkan bahwa telah banyak kemajuan dan perbaikkan pada Puskesmas Anduring. Dari segi penampilan, kebersihan Pukesmas ini sudah memperlihatkan kemajuan yang signifikan. Tak kalah penting dari itu pemahaman petugas terhadap program-program Puskesmas, target sasaran sudah cukup baik ditambah dengan kerapian administrasi pada masing-masing ruangan petugas Puskesmas seperti tampilan data capaian program sudah memperlihatkan kemajuan yang pesat.

Suasana Pembinaan di Puskesmas Anduring
Bank Data
Kebersihan dan Kerapian Puskesmas Merupakan Bentuk Promosi Kesehatan
Kantong Persalinan
Motto Puskesmas
Kabid Yankes dan Pimpinan Puskesmas Anduring
Loket Karcis
Nama-nama Pengelola Keuangan di Puskesmas
dr. Herlina Nasution selaku PPK BOK dan Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman sangat mengapresiasi kemajuan-kemajuan yang sudah dicapai oleh Puskesmas Anduring, kedepan diharapkannya Puskesmas ini bakal menjadi Puskesmas berprestasi di Kabupaten Padang Pariaman. 

Dalam pemaparannya, bangunan Puskesmas yang mega dan bagus bukanlah jaminan akan keberhasilan, tetapi niat yang ikhlas dan ketulusan dalam menjalankan tugas sebagai pelayan kesehatan masyarakat adalah modal utama untuk mencapai kesuksesan.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar