Kamis, 04 Agustus 2016

Mata adalah Jendela Dunia

Salah satu indera penting yang diberikan Tuhan ini sangat berperan penting dalam kehidupan. Mata bisa berperan sebagai pengumpul memori dalam otak. Mata juga berfungsi sebagai pembuka wawasan. Namun seiring perkembangan teknologi terutama di bidang komputerisasi, mata seringkali dipaksa kerja lebih keras untuk menterjemahkan visual yang ditampilkan oleh layar komputer ataupun televisi.

Sebagai manusia modern, Anda tentu sulit lepas dari perangkat ini. Mulai dari mengerjakan tugas sekolah, menyelesaikan pekerjaan kantor, maupun untuk memperoleh hiburan dan informasi. Alhasil, sudah banyak kaum muda yang sudah memakai kacamata tebal atau mengalami kelainan refraksi dengan ukuran tinggi. Untuk meminimalisir risiko kerusakan mata, ada baiknya Anda menyimak beberapa tips berikut ini:


    1. Pasang Filter pada Monitor atau memakai kacamata anti radiasi
      Setidaknya usaha Anda ini mampu meredam tingkat radiasi yang dipancarkan monitor ke mata Anda.

    2. Pilih Monitor LCD
      Monitor dengan jenis ini dipercaya lebih baik daripada monitor jenis terdahulu. Kalau perlu, Anda bisa membeli VGA yang bagus agar warna monitor tidak melelahkan mata.

    3. Jaga Jarak
      Idealnya, jarak dari monitor ke mata Anda adalah 30 cm. Sebaiknya Anda tidak mengurangi jumlah jarak itu demi kesehatan mata Anda.

    4. Sejajarkan Monitor dengan Mata
      Posisi yang baik untuk monitor adalah sejajar dengan mata agar mata dan leher Anda tidak cepat lelah.

    5. Sering Kedipkan Mata
      Dengan mengedipkan mata, maka kelenjar air mata akan terangsang untuk mengeluarkan air mata alami. Jika dipaksakan, maka mata Anda akan kering dan sakit. Ada baiknya jika Anda juga membeli obat tetes mata.

    6. Istirahatkan Mata
      Setidaknya berikanlah kesempatan pada mata Anda untuk beristirahat 15 menit setelah pemakaian yang cukup lama. Ketika beristirahat, usahakan lihat pemandangan yang hijau, seperti pohon, rumput dan bunga-bungaan.

    7. Konsumsi Makanan Bervitamin
      Sebaiknya Anda juga banyak mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A seperti wortel, ikan, dan lain-lain. Jangan lupa juga untuk memeriksakan mata Anda ke dokter mata secara rutin.

1 komentar :