Sabtu, 31 Agustus 2013

** 37 Perawat dapatkan Pelatihan Kesehatan Mata

dr. Zunirman, ( sedang memberikan sambutan)
Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman bekerjasama dengan BKMM Cikampek yang berada dibawa Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kementerian Kesehatan RI memberikan pelatihan kesehatan mata kepada 37 perawat di Kabupaten Padang Pariaman.
Pelatihan ini ditujukan untuk menambah wawasan perawat tentang kesehatan mata dan diharapkan mampu melakukan skrining terhadap penyakit mata yang ada di tengah-tengah masyarakat. Pelatihan dilaksanakan dari tanggal 21 s/d 24 Agustus 2013 yang bertempat di Hotel Nan Tongga Jln. Tugu Perjuangan No. 45 Pariaman. Pelatihan dihadiri oleh penanggungjawab program mata Puskesmas se-kabupaten Padang Pariaman ditambah pendampingan 3 orang dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman.

dr. J. Prastowo Nugroho, MHA (Kiri)
Acara pelatihan langsung dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman dr. H. Zunirman, dalam sambutannya kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada BKMM Cikampek yang berada dibawa Direktorat Jenderal Bina Upaya Kesehatan Kesehatan Kementerian Kesehatan RI yang mempercayai Kabupaten Padang Pariaman tempat pelatihan mata. Pembukaan juga langsung dihadiri Kepala BKMM Cikampek dr. J. Prastowo Nugroho, MHA. Dalam sambutannya dr. Pras juga menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman yang telah memberikan sambutan yang hangat kepada BKMM Cikampek untuk memberikan pelatihan mata terhadap perawat Puskesmas yang selanjutnya juga akan dilanjutkan dengan operasi katarak gratis pada tanggal 26 September mendatang.

Peserta Pelatihan
Panitia dan Dinkes










Pelatihan berlangsung selama tiga hari dengan pembicara antara lain : dr. J. Prastowo Nugroho, MHA selaku kepala BKMM Cikampek, dr. Herlina Nasution dari Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, Formayoza, SKM, MKM dari Dinas Kesehatan Propinsi Sumatera Barat, dr. Mardijas Efendi, Sp.M dari RSUD Padang Pariaman, dr. Ana, Sp.M dari BKMM Cikampek, dan Bapak Wawan dari BKMM Cikampek. Materi pelatihan yang diberikan oleh narasumber sangat menarik karena disamping kebijakan juga berkaitan langsung dengan penyakit-penyakit mata yang ada di masyarakat seperti katarak, gloukoma, kelainan refraksi, mata merah dan xeropthalmia. Pelatihan juga diserta dengan praktek bagaimana cara melakukan penjaringan pasien-pasien penderita penyakit mata.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar