Kamis, 06 Maret 2014

Sosialisasi Komda PGPK dihadiri Wabup dan Ketua IDI Padang Pariaman

Secara nasional sudah terbentuk Komite Nasional Penggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan sebagaimana yang tertuang dalam Keputusan Menteri Kesehatan Nomor 1131/Menkes/SK/X/2004 dan di tingkat propinsi Sumatera Barat juga sudah terbentuk Forum Koordinasi Penaggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan Propinsi Sumatera Barat sesuai dengan Keputusan Gubernur Sumatera Barat Nomor : 440-68-2007, maka untuk Kabupaten Padang Pariaman melanjutkan dengan membentuk Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan sesuai dengan Keputusan Bupati Padang Pariaman Nomor 39/KEP/BPP/2014 tentang Pembentukan Komite Daerah Penggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan Kabupaten Padang Pariaman.

Komite Daerah Penggulangan Gangguang Penglihatan dan Kebutaan yang disingkat dengan Komda PGPK ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan penanggulangan terhadap gangguan penglihatan yang dapat berakibat kebutaan ditengah-tengah masyarakat Kabupaten Padang Pariaman. Dalam melakukan kegiatannya Komda PGPK akan berkoordinasi dengan sektor terkait seperti Dinas Kesehatan, GOW, PKK, IDI, Badan Usaha, organisasi-organisasi profesi dan lembaga-lembaga kemasyarakatan terkait lainnya yang dapat membantu dalam melaksanakan kegiatan komda yaitu memberantas gangguan penglihatan yang dapat menimbulkan kebutaan seperti katarak, gloukoma, kelainan refraksi dan penyakit mata lainnya.

Kiri ke Kanan : Bapak Damsuar (Wabup), dr. Zunirman (Ketum Komda PGPK), dr. Aspinuddin (Ketua IDI).
Kadinkes/ Ketum Komda PGPK menyampaikan tujuan berdirinya Komda PGPK
Pada tanggal 5 Maret 2014 telah dilaksanakan pertemuan Sosialisasi dan Rapat Internal Komda PGPK di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman yang dihadiri langsung oleh wakil bupati Padang Pariaman Bapak Drs. Damsuar, MM yang juga sebagai penanggungjawab komda PGPK Kabupaten Padang Pariaman dan Bapak dr. Aspinuddin selaku ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Padang Pariaman. Acara diawali dengan kata pengantar dari Ketua Umum Komda PGPK Bapak dr. H. Zunirman yang juga sebagai Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman, kemudian dilanjutkan dengan presentasi evaluasi operasi katarak yang dilakukan pada tanggal 9 dan 10 September 2013 di Puskesmas Pauh Kambar yang pelaksanaannya bekerjasama dengan BKMM Cikampek Kementerian Kesehatan dan PT. Sidomuncul dengan jumlah pasien 189 orang dengan 201 bola mata yang disampaikan oleh dr. Herlina Nasution yang merupakan ketua pelaksana kegiatan saat itu yang sekarang merupakan ketua harian Komite Daerah Penanggulangan Gangguan Penglihatan dan Kebutaan Kabupaten Padang Pariaman.
 
Wabup Menyampaikan Motivasi Organisasi Komda PGPK
Dalam pertemuan tersebut ketua IDI Padang Pariaman dr. Aspinuddin menyampaikan dukungannya dan akan mengerahkan seluruh kekuatan dokter yang ada di Kabupaten Padang Pariaman untuk mengentaskan masalah katarak di Kabupaten Padang Pariaman. Begitu juga dari Pemerintah Daerah sangat mendukung keberadaan Komda PGPK karena ini akan membawah kebaikan yang dapat membantu masyarakat khususnya masyarakat miskin yang mengalami buta katarak. Anggota Komda PGPK Kabupaten Padang Pariaman terdiri dari seluruh Kepala Puskesmas se Kabupaten Padang Pariaman yang mana masing-masing anggota telah menyatakan komitmennya akan melakukan penjaringan pasien katarak dan kelainan refraksi terutama pada anak usia sekolah di wilayah kerja Puskesmasnya masing-masing. Juga pada saat yang sama telah dibagikan format isian laporan yang seragam untuk pelaporan pasien katarak dan kelainan refraksi.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar