Jumat, 05 April 2013

Monitoring Pelaksanaan BOK di Puskesmas Ampalu

Puskesmas Ampalu
Puskesmas Ampalu merupakan salah satu Puskesmas dari 24 Puskesmas yang ada di Kabupaten Padang Pariaman. Puskesmas ini berada di wilayah kerja kecamatan VII Koto Sungai Sarik. Pada tahun 2013 Puskesmas ini menerima alokasi dana BOK sebesar Rp. 52.500.000,-. Dinas Kesehatan sebagai satker yang bertanggungjawab dalam pengelolaan dana BOK ini berkewajiban untuk melakukan pengawasan dan pembinaan terhadap penggunaan dana BOK tersebut pada setiap Puskesmas termasuk Puskesmas Ampalu ini.
Pada hari Kamis tanggal 4 April 2013 pengelola BOK Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman telah turun ke Puskesmas Ampalu untuk melakukan pembinaan terhadap penggunaan dana BOK di Puskesmas tersebut. Pembinaan kali ini lebih ditujukan kepada mekanisme penggunaan dana mulai dari administrasi apa saja yang harus ada termasuk ketepatan penggunaan dana tersebut. 

Ilyas Taufik, SKM
Pembinaan ini bukan hanya dilakukan pada pengelola BOK Puskesmas tetapi dengan menghadirkan seluruh petugas Puskesmas, pengelola program Puskesmas termasuk bidan-bidan desa. Dengan adanya pembinaan seperti ini juga sekaligus ajang silaturrahmi antara petugas, pengelola program dan seluruh bidan-bidan desa dengan petugas dinas kesehatan. Dalam pertemuan yang berlangsung hampir 4 Jam ini banyak hal yang dibicarakan sehingga keberadaan, penggunaan, bagaimana mekanisme pertanggungjawabannya tersosialisasikan sampai ketingkat bidan-bidan desa. Dalam pertemuan itu pula dinas kesehatan dapat mendengarkan langsung apa kemajuan yang sudah dicapai Puskesmas bersama jajarannya dan apa pula kendala serta permasalahan yang ada di Puskesmas.
Foto Bersama : Pimpinan, Petugas Puskesmas dan Bidan Desa dan Kabid Yankes
Pertemuan Yang Penuh Hikmah
Ruangan Yang Bersih Cerminan Keberhasilan PHBS
Kantin Kejujuran

Kekompakan Petugas Modal Kesuksesan Program Puskesmas
 
Ilyas Taufik, SKM selaku Pimpinan Puskesmas Ampalu sangat antusias dengan adanya pembinaan ini sehingga dalam keadaan cuaca yang kurang baik (Hujan Deras) beliau menghadirkan seluruh bidan desa yang ada di wilayah kerja Puskesmas Ampalu. Dalam pengantar beliau ketika membuka acara pertemuan ini beliau berharap agar pembinaan serupa juga dilakukan oleh bidang-bidang lain di Dinas Kesehatan.
Banyak kemajuan yang sudah dicapai dibawah kepemimpinan Bapak Ilyas Taufik, SKM seperti kebersihan Puskesmas, kerapian pada setiap ruang pelayanan termasuk keberadaan data-data capaian program Puskesmas, malahan juara II Tenaga Gizi Teladan tingkat Kabupaten Padang Pariaman berasal dari Puskesmas Ampalu ini. 

dr. Herlina Nasution yang biasa dipanggil dr. Butet selaku PPK BOK dan Kepala Bidang Pelayanan Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman sangat mengapresiasi kemajuan yang sudah dicapai oleh Puskesmas ini dan berharap kedepan agar kemajuan ini dapat ditingkatkan lagi sehingga Puskesmas ini akan menjadi terminal bagi masyarakat sekitar untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang baik yang menyenangkan.

Satu kegiatan kreatif yang tampak ini di Puskesmas ini adalah adanya warung kejujuran, yang mana warung ini tersedia untuk petugas dan masyarakat sekitar. Menurut Bapak Ilyas Taufik selaku Pimpinan Puskesmas warung ini mampu mendapatkan keuntungan 150 sampai 200 ribu perbulan, sehingga dari keuntungan tersebut Puskesmas dapat membayarkan honor pegawai yang sukarela di Puskesmas tersebut.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar