Jumat, 21 Desember 2012

dr. Herlina Nasution : Tatap Masa Depan tanpa Narkoba


dr. Herlina Nasution sedang memberikan materi
Yankesmas.com : Generasi muda adalah harapan bangsa yang merupakan pelanjut estapet pembangunan bangsa. Masa depan yang penuh tantangan perlu disikapi dengan penguasaan teknologi yang dibarengi dengan Iman dan ketaqwaan kepada Allah SWT, itulah kata-kata yang disampaikan oleh dua narasumber yang dipanel dalam kegiatan Penyuluhan Pembrantasan & Penyalahgunaan Narkotika & Obat-Obatan Terlarang bagi siswa-siswi SMA se Kab. Padang Pariaman beberapa waktu lalu di SMA Negeri 1 Sicincin Kabupaten Padang Pariaman. Acara ini merupakan kegiatan tahunan Badan Narkotikan Kabupaten (BNK) Padang Pariaman. Acara ini diadakan pada tiga SMA Negeri di Kabupaten Padang Pariaman yaitu SMA Negeri 1 Sungai Limau, SMA Negeri 1 Sungai Sarik dan SMA N 1 Sicincin. Sebagai generasi muda tentu harus mengetahui dan memahami bahaya narkoba agar dapat terhindar dari bahaya tersebut.  
Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Kabupaten Padang Pariaman dokter Herlina Nasution merupakan salah satu narasumber dalam acara tersebut menjelaskan apa saja bahaya narkoba yang dipandang dari sisi kesehatan. Materi yang disampaikan mulai dari pengenalan jenis narkoba, dan apa saja dampaknya bagi pemakai dan masyarakat mendapat sambutan dan perhatian yang hangat dari para siswa-siswi yang hadir saat itu, dalam materinya dokter Herlina Nasution menjelaskan selain merusak kesehatan narkoba juga memiliki dampak yang tidak baik bagi aspek sosial, ekonomi dan hukum. Salah satu yang dicontohkan adalah seorang pemakai narkoba mempunyai sifat paranoid sehingga dengan paramoidnya tersebut dia dapat melakukan tindakkan pembunuhan yang akhirnya berurusan dengan hukum, selain itu narkoba juga membuat pemakianya ketergantungan sehingga untuk mendapatkan narkoba pemakainya mau melakukan apa saja demi memenuhi kebutuhannya terhadap narkoba seperti mencuri dan sebagainya. Materi ini sangat menarik bagi siswa-siswi yang mendengar, apalagi materi yang disampaikan bukan hanya sekitar cerita tetapi juga dilengkapi dengan gambar-gambar seputar pemakai narkoba dan bahayanya. Akhirnya dipenghujung acara ketika diberikan kesempatan untuk tanya jawab, Ibu Herlina Nasution dihujani pertanyaan sekitar materi yang disampaikannya. Mengakhiri materinya dokter Herlina Nasution berpesan kepada siswa-siswi yang hadir agar menyampaikan materi ini kepada siswa-siswi lain yang tidak hadir dalam kesempatan itu juga dapat mensosialisasikan kepada masyarakat, juga pesan yang tidak kalah pentingnya diminta kepada generasi muda agar menatap masa depan yang cemerlang tanpa narkoba.
Narasumber dalam sesi tanya jawab
Buya Khairudin (Ketua MUI ) Padang Pariaman



Selain dokter Herlina Nasution juga hadir sebagai Narasumber buya Khairudin yang merupakan ketua Majelis Ulama Indonesia cabang Kabupaten Padang Pariaman, buya yang sudah berumur 1 abad kurang 26 tahun ini juga menjelaskan materi tentang larangan memakai narkoba yang dipandang dari kacamata agama. Dalam materinya buya menyampaikan narkoba sangat dilarang keras dalam agama karena narkoba dapat merusak akal, sementara akal merupakan nikmat Allah kepada manusia yang tidak diberikan kepada makhluk Allah lainnya.

Tidak ada komentar :

Posting Komentar