dr. Herlina Nasution dan Ayi Iin Damini |
Dalam rangka menuju kabupaten yang berbasis cyber
Padang Pariaman telah menggalakkan sebuah sistem yang serba elektronik dan
online.
Khusus di bidang kesehatan di Kabupaten Padang
Pariaman pada tahun 2012 melalui Dana Alokasi Umum (DAU) telah dianggarkan
untuk pengadaan manajemen pasien online pada 15 Puskesmas yaitu Puskesmas Pasar
Usang, Sikabu, Lubuk Alung, Sicincin, Kayu Tanam, Patamuan, Sungai Sarik,
Padang Sago, Pauh Kambar, Enam Lingkung, Kampung Gucci, Anduring, Sintuk, Sungai Limau dan Sungai Geringging.
Tujuan dari pengadaan Manajemen Pasien online ini adalah dalam rangka meningkatkan efektifitas dan kecepatan pelayanan kepada masyarakat. Disamping itu dengan adanya manajemen pasien dengan sistim komputerisasi ini, penyimpanan rekam medis pasien lebih aman. Dengan Manajemen pasien online ini, banyak efektifitas dan efisisensi yang didapat baik dari segi waktu maupun biaya, dimana untuk melihat jam berapa mulai pelayanan di puskesmas dapat kita lihat dengan hanya mengklik alamat situs manajemen pasien di masing-masing puskesmas, dan kita dapat melihat jam berapa masing-masing ruangan pelayanan mulai login. Dari jarak jauh kita juga bisa melihat apakah semua pasien yang ada di ruang pelayananan telah selesai dilayani atau belum, ini dapat kita lihat dalam daftar antrian di masing-masing ruang pelayanan. Aplikasi menjadikan proses monitoring dalam disiplin pelayanan menjadi lebih mudah dan cepat, dimana dinas kesehatan tidak perlu lagi sidak pagi-pagi untuk melihat apakah puskesmas sudah mulai pelayanan atau belum, cukup dengan menyalakan laptop, koneksi internet, dan masuk ke portal manajemen pasien, maka pihak Dinas kesehatan, bahkan Bupati, wakil Bupati dan jajaran pimpinan daerah kab. Padang pariaman lainnya yang memiliki hak akses dapat melihat proses pelayanan di Puskesmas. Dengan melihat aplikasi ini kita bisa tahu, berapa orang kunjungan puskesmas setiap hari, setiap minggu , setiap bulan hanya dalam waktu kurang lebih 10 menit. Aplikasi ini telah dioperasionalkan sejak bulan Januari 2013 yang mana sebelumnya telah dilakukan pelatihan terhadap lima petugas dari masing-masing Puskesmas, lima petugas dimaksud adalah petugas Rekam Medis, Poli Umum, Poli KIA, dan Apotik dan admin Puskesmas. Walaupun para petugas tersebut sudah dilatih, mereka tetap diberikan pendampingan dari pihak Infokes selama satu tahun kedepan, hal ini ditujukan agar petugas-petugas yang telah dilatih tersebut benar-benar fasih dan menguasai pengoperasionalan aplikasi manajemen pasien online tersebut.
Suasana Pertemuan Evaluasi Manajemen Pasien Online |
Setelah hampir empat bulan pengoperasionalan aplikasi tersebut, tanggal 25 April 2013 dilakukan evaluasi terhadap penggunaan aplikasi tersebut dan apa kendala yang dihadapi. Pertemuan evaluasi diselenggarakan di aula Puskesmas Pauh kambar Kecamatan Nan Sabaris. Pertemuan tersebut dihadiri oleh kepala bidang pelayanan kesehatan, pendamping dari infokes dan semua para admin dari 15 Puskesmas yang sudah menjalankan Manajemen Pasien Online tersebut.
Foto Bersama dengan Petugas Puskesmas Penerima Penghargaan |
Foto Bersama dengan Seluruh Admin Peserta Pertemuan Evaluasi |
dr. Herlina Nasution (Kabid Pelayanan Kesehatan) yang
merupakan penggagas sekaligus PPK pengadaan Manajemen Pasien Online dalam
sambutannya menyampaikan bahwa proses mendapatkan alokasi dana untuk pengadaan
manajemen pasien online ini bukanlah melalui cara yang gampang, apalagi dana
tersebut berasal dari DAU Kab. Padang Pariaman, oleh karena itu beliau meminta,
mengharap dengan sangat agar semua Puskesmas yang sudah ada aplikasi manajemen
pasien online ini memiliki komitmen yang kuat dalam mengoperasionalkannya.
Ditambahkannya, ini memang dikategorikan hal yang baru bagi petugas puskesmas
yang selama ini terbiasa dengan pencatatan secara manual, oleh karena itu
kedepan mari kita biasakan untuk menggunakan aplikasi ini dalam rangka menuju
pelayanan prima terhadap masyarakat.
Ke depannya diharapkan seluruh
Puskesmas yang ada di Kabupaten Padang Pariaman dapat menjalankan pelayanan
Aplikasi manajemen Pasien On line ini, sehingga cita-cita kabupeten Padang
pariaman menuju kabupaten cyber dapat segera terwujud, dan seluruh staf
Puskesmas menjadi staf yang akrab dengan kemajuan teknologi. Dan proses
penyimpanan data menjadi lebih mudah dan aman.
Tidak ada komentar :
Posting Komentar