Marwis, RO (Kiri), Ifoni Rompas, S.Sos (Kanan) |
Pelayanan yang diberikan tentu harus didasari dengan niat yang tulus untuk memberikan pelayanan yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat terutama masalah kesehatan. Oleh karena itu, sebelum tenaga kesehatan ini ditempatkan ke desa-desa mereka diberi penyuluhan terlebih dahulu seputar pelayanan yang akan mereka berikan kepada masyarakat di lapangan nanti.
Calon Bidan Desa Sedang Orientasi |
Juga disampaikan oleh Marwis bahwa pelayanan prima itu akan terwujud bila dikembangkan berdasarkan prinsip 3 A yaitu :
- Attitude (sikap) dalam hal ini meliputi tiga prinsip yaitu melayani masyarakat dengan penampilan yang sopan dan serasi, melayani masyarakat dengan berpikiran positif, sehat dan logis serta melayani masyarakat dengan sikap menghargai.
- Attention (perhatian) dalam hal ini meliputi tiga prinsip yaitu mendengarkan dan memahami secara sungguh-sungguh kebutuhan masyarakat seputar pelayanan kesehatan, mengamati dan menghargai perilaku masyarakat serta mencurahkan perhatian penuh kepada masyarakat.
- Action (tindakan) dalam hal ini meliputi tiga prinsip yaitu mencatat setiap kebutuhan masyarakat khususnya kebutuhan pelayanan kesehatan, mewujudkan kebutuhan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai dengan standar pelayanan serta menyatakan terima kasih dengan harapan masyarakat yang dilayani puas dengan pelayanan yang diberikan.
Disamping itu juga ditambahkan bahwa sendi- sendi pelayanan prima berdasarkan kepmenpan no. 81/93 adalah kesederhanaan, kejelasan/ kepastian, kemananan, keterbukaan, efisiensi, ekonomis, keadilan dan ketepatan waktu dalam memberikan pelayanan.
Pelayanan yang harus diberikan bidan desa bukan hanya pelayanan jasa kepada masyarakat, tetapi juga pelayanan administratif berupa pencatatan-pencatatan yang lengkap terhadap semua kegiatan yang dilakukan sehingga akan dapat menghasilkan data yang baik dan dilaporkan ke dinas kesehatan
Pelayanan yang harus diberikan bidan desa bukan hanya pelayanan jasa kepada masyarakat, tetapi juga pelayanan administratif berupa pencatatan-pencatatan yang lengkap terhadap semua kegiatan yang dilakukan sehingga akan dapat menghasilkan data yang baik dan dilaporkan ke dinas kesehatan
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusMohon maaf, penulis tidak pernah menghapus komentar-komentar yang masuk dari tulisan yang telah ditampilkan.
Hapusasalamualaikum wr.wb..
BalasHapusyang saya hormati bapak kepala dinas kesehatan kabupaten padang pariaman beserta staf nya..
saya mau tanya msalah bidan desa pak,
1.apa uang jamkesmas buat bides memang ada potongan dri dinas???
2.masalah tempat tinggal bidan desa/polindes
3.alat2 perlengkapan untk bides,contoh nya:tempat tidur pasien,oksigen,.
apa smua nya ditanggung sama bidan desa pak???
harap bapak bisa konfirmasikan ke email saya..
demikian trimakasih kepada bapak kepala dinas kesehatan kabupaten padang pariaman..
Kami akan segera konfirmasikan dengan pengelola program jamkesmas di Dinas Kesehatan
HapusBagi pegawai Puskesmas yang merasa dirugikan, atau tidak puas dengan kebijakan-kebijakan di Puskesmas dapat memberitahu kami via email : yankes_y@yahoo.com.
BalasHapusLaporan Anda akan kami tanggapi apabilah mencantumkan nama, Puskesmas tempat bekerja.
Kerahasiaan laporan dan identitas Anda terjamin.
Selamat bekerja semuanya!!
BalasHapusSelamat malam semua
BalasHapus